Palgunadi

Admin
05 September 2017

Tokoh wayang yang satu ini memang tidak sepopuler Raja-raja Pandawa maupun Kurawa. Namun, banyak keteladanan yang dapat diambil dari tokoh tersebut. Palgunadi muda merupakan sosok yang sangat haus ilmu dan rela menempuh segala rintangan untuk dapat mencapai tujuannya. Demi mendapatkan pendidikan terbaik, Ia pun menempuh segala upaya untuk berguru pada ahlinya (Resi Drona), meskipun niatnya tersebut harus kandas karena idealisme sang guru. Namun hal tersebut tidak menyurutkan langkahnya sedikit pun untuk menuntut ilmu.

Palgunadi yang ingin menjadi pemanah terbaik terus berlatih dan belajar dengan tetap menjadikan Resi Drona sebagai gurunya meski hanya dalam bentuk patung Sang Guru. Berbekal ketekunan dan tekad yang kuat akhirnya Palgunadi menjadi pemadah yang hebat, bahkan ada yang mengatakan lebih hebat daripada Arjuna. Sosok Palgunadi sangat menginspirasi, meski tidak mendapatkan kesempatan bertatap muka dengan sang guru dia melakukan berbagai upaya agar tetap mendapatkan ilmu dari sang guru, kesungguhan, tekad yang kuat, loyalitas, pantang menyerah, rela berkorban dan teguh dalam mencapai tujuan harus dimiliki oleh seorang pembelajar.

Dalam konteks kekinian, imajinasi sebagai bentuk visi yang dituangkan melalui msisi-misinya untuk mewujudkan tujuan pembelajaran. Kisah Palgunadi ini menginspirasi Bapelkes DIY untuk terus dapat menciptakan media-media menarik yang dapat melengkapi metode pembelajaran di Bapelkes. Sehingga materi-materi penting dalam pelatihan Bapelkes tetap dapat dinikmati oleh siapa pun yang ingin belajar. Belajar di mana saja, tidak harus dengan bertatap muka. Ide ini yang saat ini sedang dikembangkan di Bapelkes DIY, menciptakan seri-seri virtual yang dapat melengkapi materi initi dalam sebuah pelatihan. Sehingga linatih dapat mempelajarinya kapan saja dan dimana saja dengan cara yang menyenangkan.

Demi mewujudkan komitmen Bapelkes untuk memberikan pelayanan terbaik dan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kompetensi SDM maka pada tahun 2017 ini, Bapelkes telah membuat seri virtual learning materi komunikasi efektif pendekatan Keluarga Sehat melalui visualisasi kunjungan rumah dan seri virtual learning tutorial aplikasi website Keluarga Sehat. Seri-seri tersebut digunakan untuk melengkapi metode pembelajaran pada Pelatihan Keluarga Sehat yang merupakan prioritas program Kementrian Kesehatan dalam mendukung Nawa Cita. Harapannya semua tenaga kesehatan yang mengemban amanah untuk memantau kondisi kesehatan keluarga dapat selalu belajar di manapun mereka berada dengan melihat kembali seri-seri virtual yang diproduksi oleh Bapelkes dan dapat diakses  melalui website Bapelkes DIY ini. Harapan kedepan, tentunya Bapelkes Jogja mampu kembali menghadirkan video pembelajaran seri virtual learning dengan materi yang berbeda. [KM].