Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-53

Admin
13 November 2017

Hari Kesehatan Nasional Ke-53. Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku. Begitulah semboyan yang dicanangkan dalam peringatan HKN Ke-53. Setiap daerah astinya mempunyai cara tersendiri untuk merayakan Kari Kesehatan Nasional yang jatuh bertepatan dengan Hari Minggu, 12 November 2017.

Dinas Kesehatan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan peringatan HKN di Alun-Alun Selatan Yogyakarta sekaligus dengan deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Tidak hanya deklarasi Stop BABS, serangkaian acara dimulai dari pukul 06.00 WIB dengan senam sehat bersama di plataran Alun-Alun Selatan Yogyakarta yang dilanjutkan dengan makan buah-buahan bersama. Acara semakin meriah dengan adanya berbagai stand display produk jamu tradisional dan makanan lokal masyarakat, karnaval dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, serta pembagian doorprize bagi masyarakat umum yang hadir di Alun-Alun Selatan Yogyakarta. Fasilitas pemerikasaan kesehatan gratis bagi masyarakat juga disediakan oleh Dinas Kesehatan DIY. 

Sebagai Puncak acara, Penandatangan Deklarasi Stop BABS dilakukan oleh dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta Bupati dan Walikota se-DIY yang sebelumnya diserukan dan diikuti seluruh masyarakat yang hadir. Pendeklarasian ini ditujukan agar masyarakat sadar terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar dmei tercapainya kehidupan masyarakat yang bebas dari penyakit sebagai salah satu gerakan masyarakat hidup sehat.