Pelatihan Keluarga Sehat Angkatan 4

Admin
29 Juni 2018

Pelatihan Keluarga Sehat Angkatan 4 di Bapelkes Dinas Kesehatan DIY telah berjalan lancar. Pelatihan program kementrian kesehatan yang lebih dikenal dengan PIS-PK (Program Indonesia Sehat Pendekatan Kelaurga) dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 26, 28 dan 29 Juni 2018 melibatkan sebanyak 30 orang peserta yang dikirimkan dari lima puskesmas berbeda di wilayah Kabupaten Sleman diantaranya Puskesmas Gamping II, Puskesmas Mlati I, Puskesmas Tempel II, Puskesmas Ngagglik II, Puskesmas Depok II, dan Puskesmas Depok III. 

Seperti pada umumnya, pembukaan pelatihan dilakukan di hari pertama oleh Kepala Balai Pelatihan Kesehatan Diskes DIY Ibu drg. Yuli Kusumastuti I.P., M.Kes. dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta. 

Pembukaan Pelatihan KS Angkatan 4 Dengan Gong   

Pada Pelatihan Keluarga Sehat Angkatan 4 ini, di hari ketiga atau hari terakhir pelatihan (29/6), peserta berkesempatan untuk melakukan praktik kerja lapangan di Kelurahan Panembahan, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta tepatnya berlokasi di  RT 67, 68, 70, dan 71. Sebelum peserta pelatihan secara langsung datang ke rumah-rumah keluarga responden keluarga sehat, mereka dikumpulkan di rumah Ibu Tutik (RW 17 Kelurahan Panembahan) untuk menerima pengarahan terlebih dahulu. Secara teknis, peserta dibagi dalam beberapa kelompok yang masing-masing beranggotakan 3 orang yang kemudian disebarkan di masing-masing lokasi.

Selesai melaksanakan praktik kerja lapangan, peserta kembali ke Bapelkes untuk dilanjukan dengan materi tentang tata cara penggunaan aplikasi input data keluarga sehat. Setelah serangkaian materi pelatihan, pada pukul 17.00 WIB (29/6) Pelatihan Keluarga Sehat Angkatan 4 ditutup secara resmi. Semoga pelatihan program PIS-PK Kementrian Kesehatan ini bermanfaat dan terus mendukung program kementrian kesehatan untuk hidup sehat.