Skip to main content
img_berita
Body

Secara umum, kebiasaan merokok pada masyarakat Indonesia merupakan salah satu masalah kesehatan karena konsumsi rokok yang masih cenderung tinggi. Sementara beban biaya yang berkaitan dengan penyakit akibat rokok dan dapat menyebabkan terjadinya penyakit tidak menular (PTM) seperti gangguan pernapasan (PPOK, Asma ), Penyakit Jantung, Stroke dan Kanker Paru, dan ini bukan hanya dari biaya pengobatan tetapi juga biaya hilangnya hari atau waktu produktivitas.
Dalam upaya berhenti merokok, ada beberapa metode diantaranya metode farmakologi dan non farmakkologi, untuk pelayanan kesehatan primer yang biasa digunakan adalah metode non farmakologi seperti self helf, terapi non farmakologi, terapi perilaku, konseling, hipnoterapi dan akupuntur. Melihat kondisi tersebut, maka dipandang perlu untuk melakukan pengendalian terhadap konsumsi rokok, termasuk menyediakan layanan upaya berhenti merokok khususnya pada fasilitas pelayanan kesehatan primer sebagai ujung tombak sarana pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Tenaga kesehatan akan melakukan konseling, bagaimana cara menghindar untuk menjadi seorang perokok, dan bagi yang sudah terlanjur menjadi perokok adalah bagimana cara berhenti dari ketergantungan merokok. Dan untuk mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dalam melaksanakan layanan tersebut, perlu dilakukan pelatihan yang memenuhi standar kompetensi.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, Bapelkes DIY menyelenggarakan Pelatihan bekerjasama dengan Dinkes Gunung Kidul. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari efektif yaitu pada tangal 19 - 21 Juni dan 24-25 Juni 2024 dengan metode blended learning. Pelatihan diikuti sebanyak 19 peserta dari wilayah Dinkes Gunung Kidul. Pembukaan pelatihan dilaksanakan secara daring dan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Bp.Ismono, SSiT, M.Kes, sambutan ucapan selamat datang oleh Kepala Bapelkes DIY Bp. Sugiharto SKM, MPH sedangkan laporan persiapan penyelenggaraan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelatihan Bapelkes Sri Harini, SKM,MPH. Pembukaan pelatihan juga dihadiri oleh Kasi P2PTM Dinkes Gunung Kidul Bp.Musiyanto, SKM, MPH dan Pengendali Pelatihan Bp. Bangun Yulianto, SKM, MM. Nantinya pelaksanaan secara luring akan dilaksanakan di Bapelkes DIY Jl. Solo KM 12,8 Kalasan Sleman Yogyakarta tanggal 24 - 25 Juni 2024