CARA SEHAT HADAPI HIDANGAN DAGING QURBAN SAAT IDUL ADHA

Admin
09 Agustus 2019

Perayaan Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang ditunggu umat muslim di dunia dimana pada perayaannya dilakukan tradisi menyembelih hewan qurban baik berupa kambing, sapi, kerbau ataupun unta. Di Indonesia sendiri, hampir semua masyarakat muslim merayakan Idul Adha dengan tradisi menyembelih hewan qurban berupa sapi dan kambing.

Selain itu Idul Adha juga merupakan momen berkumpul bersama keluarga untuk menyantap hidangan dari olahan daging sapi dan kambing, dengan berbagai macam khas masakan Indonesia yang terkenal dengan  rempah-rempahnya serta masakan bersantan seperti rendang dan opor.  Makanan hasil olahan kedua hewan qurban  tersebut mengandung kolestrol yang tinggi. Berdasarkan data Departemen Pertanian AS, daging kambing (per 100gr) menghasilkan kalori paling sedikit 143 kkal kalori dibanding dagingkan daging ayam, sapi, babi dan domba, daging kambing mengandung 27 gram protein, lemak cukup rendah sebesar 3 gram namun kandungan kolestrolny tinggi yaitu sebesar 75 mg, sedangkan untuk 100 gr daging sapi mengandung 201 Kkal, 18,8 protein, 14 gr lemak, 11 mg kalsium dan 2,8 mg zat besi. Maka sudah seharusnya kita menikmati makanan dengan tidak berlebihan sesuai dengan anjuran yang diperintahkan “makan dan minumlah secukupnya” karena tidak menutup kemungkinan apabila mengkonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan hal yang fatal seperti penyakit kolestrol, moment yang seharusnya kita gunakan untuk menikmati waktu bersama keluarga merayakan Idul Adha di rumah jutsru menjadi terganggu. Untuk itu kami bagikan tips sehat saat Idul Adha:

  1. Perhatikan Cara Pengolahan Daging  
    Menurut jurnal gizi dan pangan daging sulit untuk dicerna dibanding buah dan sayur maka hindari bagian yang berlemak seperti bagian perut dan jeroan. Maka pilihlah daging yang bebas lemak atau lemak dipisahkan terlebih dahulu sebelum memasak . Pastikan daging yang akan disantap sudah matang secara sempurna.  
  2. Perhatikan Pola Makan  
    Sebaiknya sebelum mengkonsumsi daging terlebih dahulu mengkonsumsi sayur-sayuran dan tidak memakan secara berlebihan.  
  3. Perbanyak Konsumsi Air Putih  
    Setelah mengkonsumsi daging harus diimbangi dengan meminum air putih sebanyak-banyaknya. Air putih membantu mendorong sisa makanan sehingga tidak menyebabkan sembelit serta dapat membantu sebagai pengontrol agar tidak makan berlebihan.  
  4. Melakukan Olah Raga yang Cukup  
    Tidak lupa untuk berolahraga karena berolahraga dapat membantu proses pembakaran kalori pada tubuh sekaligus menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.  
  5. Konsumsi Sayur dan Buah dengan Seimbang  
    Imbangi dengan makan buah dan sayur agar mengurangi efek akibat konsumsi daging sapi atau kambing yang berlebih.