Konsumsi Air Putih

Admin
02 September 2019

Mengkonsumsi air putih sering kali diabaikan sebagian orang, banyak orang yang tak memedulikan kebutuhan cairan mereka padahal hal tersebut sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh normal, perlu diketahui tubuh kita terdiri lebih dari 70% cairan yang mana kebutuhan akan cairan sangat tinggi. Manfaat air dalam tubuh kita tentu tidak dapat digantikan oleh apapun. Cairan ini bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Sehingga bagi manusia, mengonsumsi air putih adalah sebuah kebutuhan, tidak hanya untuk mencegah dehidrasi tubuh, tetapi manfaat mengkonsumsi air putih juga untuk menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi air putih. Minumlah air putih minimal tiap harinya 2 liter atau bisa juga lebih, karena akan membantu kelancaran metabolisme dalam tubuh.

Manfaat Air Putih sangatlah banyak, manfaat yang langsung dirasakan mungkin hanya menghilangkan haus pada saat siang atau malam hari. Namun lebih dari itu, manfaat air putih dapat bertambah banyak dan memberikan dampak yang positif terhadap kebugaran tubuh kita yaitu:

  1. Menjaga Keseimbangan dalam Tubuh
    Sekitar 60 % dari tubuh manusia terdiri dari air. mengkonsumsi air putih cukup untuk mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh, yang dapat  membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, serta mencerna makanan
  2. Menjaga Fungsi Ginjal
    Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu penyebab penyakit batu ginjal/ gagal ginjal adalah karena kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, sehingga mengkonsumsi air putih adalah kunci utamanya.
  3. Meningkatkan Sistem Peredaran Darah Manusia
    Mengkonsumsi air putih dapat membantu  tubuh manusia dalam proses transportasi untuk meningkatkan dan memperlancar sistem peredaran darah manusia.

Jangan lupa pula untuk memastikana air minum layak dikonsumsi dan memenuhi standar kesehatan, beberapa ketentuan air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI, yakni air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan, guna menghindari penyakit akibat mengkonsumsi air yang terkontaminasi. Dapatkan manfaat minum air putih bagi kesehatan dengan mengonsumsi air putih secara rutin setiap hari, dan lengkapi dengan pola hidup yang sehat untuk senantiasa mendukung program pemerintah GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). [irv]