Making Change, Making History - Bapelkes Peroleh Predikat WBK di Penghujung 2020

Admin
04 Januari 2021

Balai Pelatihan Kesehatan yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan DIY tahun 2020 berhasil memperoleh predikat sebagai unit kerja Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK).

Kegiatan WBK-WBBM merupakan bagian akhir dari rangkaian proses evaluasi pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang dilaksanakan sejak Agustus 2020.

Predikat unit kerja Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Predikat untuk unit kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan baik pada 6 area perubahan yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, peningkatan pelayanan publik.

Bersama dengan 680 unit kerja lainnya yang menerima piagam WBK dan 82 unit kerja yang menerima piagam WBBM, Bapelkes menerima anugerah WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan dalam acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2020 yang dilaksanakan hari Senin tanggal 21 Desember 2020 secara offline di hotel Fairmont Jakarta dan juga dilaksanakan secara online melalui zoom meeting.

Dalam sambutannya Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan “Setiap aparatur sipil negara (ASN) harus memiliki komitmen untuk membangun budaya integritas. Tanpa integritas yang kuat, akan sulit bagi ASN untuk menghindari ancaman dan tekanan’’.

Lanjutnya dikatakan, predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) merupakan gerbang awal dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. Wakil Presiden optimis keberhasilan pembangunan ZI dapat meningkatkan kepercayaan public kepada kementerian, Lembaga maupun pemerintah daerah. ‘’Saya harapkan kepada seluruh penyelenggara pelayanan publik agar melakukan akselerasi untuk menaikkan pelayanan publik secara berkelanjutan dan berkesinambungan, serta melakukan inovasi terbaik unuk menjawab tuntutan masyakarat yang dinamis’’, tegasnya.

Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung Bapelkes dalam proses memperoleh predikat WBK. Semoga kami terus berusaha melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan memberikan pelayanan terbaik.

#Making Change, Making History

#Cegah Korupsi, Tolak Gratifikasi