Budaya Pemerintahan Satriya, Membawa Bapelkes Peringkat Pertama

Admin
01 Februari 2021

Yogyakarta - Dalam acara Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Triwulan IV Tahun 2020 pada hari Rabu (27/01/2021) diumumkan peringkat Lomba Budaya Pemerintahan Satriya Tahun 2020. Alhamdulillah, setelah dua tahun berturut-turut menempati peringkat ketiga untuk kategori UPT, di tahun 2020 Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Dinas Kesehatan DIY memperoleh peringkat I Lomba Budaya Pemerintahan Satriya kategori UPT di lingkungan Pemerintah Daerah DIY.

Sesuai Pergub DIY Nomor 53 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Budaya Pemerintahan, dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur SATRIYA (Selaras, Akal Budi Luhur-Jati Diri, Teladan-Keteladanan, Rela Melayani, Inovatif, Yakin Percaya Diri, dan Ahli Profesional), dibentuklah Kelompok Budaya Pemerintahan di Bapelkes. Proses meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai budaya pemerintahan Satriya terus dilakukan setiap apel rutin Senin pagi, setiap rapat pembinaan internal Seksi/Subbag dan rapat pembinaan seluruh pegawai.

Piagam Penghargaan Lomba Budaya Satriya Tigkat UPT Se-DIY

Berangkat dari inventarisasi permasalahan yang ada, dicarilah upaya untuk mencari pemecahan yang terbaik maka disusun suatu Rencana Aksi Implementasi Budaya Pemerintahan di Bapelkes. Pelaksanaan rencana aksi implementasi Budaya Satriya agar berjalan dengan baik, maka diupayakan memperkuat komunikasi antara individu dalam setiap seksi/Subbag dan mempermudah koordinasi antar seksi/Subbag di Bapelkes, melibatkan pegawai untuk melakukan evaluasi secara periodik sebelum disusun sebagai data untuk dimasukkan dalam laporan implementasi rencana aksi.

Melalui penerapan budaya pemerintahan Satriya ini pula Bapelkes dapat meraih predikat sebagai unit kerja Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di tahun 2020 dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Harapan kami semoga nilai-nilai budaya pemerintahan Satriya menjadi sikap dan perilaku sehari-hari baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari pegawai Bapelkes.