Bapelkes Jogja Fasilitasi Pelatihan Dialisis Bagi Perawat dengan RSA UGM

Admin
06 Oktober 2021

Pengembangan kompetensi merupakan hak bagi PNS yang harus dipenuhi sesuai dengan amanat UU No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. PNS mempunyai hak pengembangan kompetensi selama 80 jam dalam satu tahun. Salah satu pengembangan kompetensi adalah melalui pelatihan. RSA UGM bekerjasama dengan Bapelkes Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan Dialisis Bagi Perawat di Rumah Sakit dan Klinik khusus di RSA UGM dengan Pengampuan dari Bapelkes Diskes DIY. 

Bapelkes DIY merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan DIY yang mempunyai tugas merencanakan, menyelenggarakan , dan mengevaluasi pelatihan kesehatan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat. Bapelkes Diskes DIY  telah terakreditasi sebagai  institusi pelatihan oleh BPPSDMK Kemenkes dan memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan pelatihan dan melakukan pengampuan pelatihan pada institusi yang belum terakreditasi.

Merupakan sebuah kebanggan bagi Bapelkes Diskes DIY dapat menjalin kemitraan dengan RSA UGM dalam pengembangan kompetensi SDM, kerjasama ini sudah berlangsung kurang lebih sejak tahun 2017 dan dikuatkan dengan Perjanjian Kerjasama  tentang penyelenggaraan pelatihan dan atau non pelatihan bidang kesehatan antara RSA UGM dan Bapelkes Diskes DIY . Selama ini kerjasama antar 2 instansi sudah memberikan mutual benefit dan berlangsung dengan sangat baik salah satunya adalah dalam penyelenggaraan pelatihan Dialisis Bagi Perawat di Rumah Sakit dan Klinik khusus di RSA UGM dengan Pengampuan dari Bapelkes Diskes DIY

Pelatihan ini dilaksanakan secara blended learning mulai dari tanggal 6 Oktober 2021 sampai dengan 23 Februari 2022 dan telah terakreditasi oleh Puslat BPPSDMK Kemenkes RI dengan nomor surat keterangan terakreditasi Nomor 1242/H/A.P/X/2021 ,  nantinya peserta yang telah  mencapai kompetensi seperti yang tercantum dalam kurikulum pelatihan akan mendapatkan sertifikat yang teregister di BPPSDMK Kemenkes RI. Pada saat pelaksanaan pelatihan akan dilakukan quality control dari tim Bapelkes Diskes DIY untuk memastikan pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan dan kurikulum pelatihan. Pada pembukaan acara disampaikan sambutan dari Ketua Korwil Pernefri DIY dr. Idi Kuswadi dan Kepala Bapelkes DIY Sugiharto.