Pelatihan Bapelkes DIY di Minggu Pertama Bulan Oktober

Admin
11 Oktober 2021

Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Dinas Kesehatan DIY sebagai lembaga pelatihan terakreditasi mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan berbagai macam pelatihan. Meskipun di masa pandemi yang saat ini sedang melanda, tidak mengurangi kinerja Bapelkes sebagai penyelenggara pelatihan. Hal ini dapat terlaksana karena adanya fasilitas pelatihan online dengan menggunakan Bapelkes E-Learning System (BEST) dalam proses pembelajaran melalui zoom meeting. Bapelkes Diskes DIY mengikuti perkembangan jaman dan kemajuan teknologi terkini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua pihak.

Memasuki bulan Oktober 2021 ini, Bapelkes Diskes DIY memiliki agenda menyelenggarakan pelatihan terakreditasi maupun tidak terakreditasi sebanyak 10 pelatihan. Pada minggu pertama di bulan Oktober ini dimulai dengan 3 pelatihan yang dilaksanakan secara full online, yaitu Pelatihan Penanggulangan Wabah dan KLB untuk Tim Gerak Cepat (TGC) di Puskesmas Angkatan II, Pelatihan Penyuluh Keamanan Pangan (PKP) Pertama Dinas Kesehatan Kota Bima, Pelatihan Distric Food Inspector (DFI) Junior Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Angkatan II.

Pelatihan Penanggulangan Wabah dan KLB untuk Tim Gerak Cepat (TGC) di Puskesmas Angkatan II adalah pelatihan terakreditasi yang menggunakan sumber dana APBN. Peserta yang dinyatakan lulus dari pelatihan ini akan mendapatkan 1 angka kredit. Pelatihan Penanggulangan Wabah dan KLB untuk Tim Gerak Cepat (TGC) di Puskesmas Angkatan II dilaksanakan dari tanggal 4-9 Oktober 2021 dengan 47 JPL. Peserta Pelatihan Penanggulangan Wabah dan KLB untuk Tim Gerak Cepat (TGC) di Puskesmas Angkatan II berasal dari 5 kabupaten dan kota di D.I. Yogyakarta dengan total 30 orang peserta (10 puskesmas). 

Sedangkan Pelatihan DFI Junior Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Angkatan II dan Pelatihan PKP Pertama Dinas Kesehatan Kota Bima adalah pelatihan yang akreiditasi utamanya dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM). Tujuan dari kedua pelatihan tersebut adalah meningkatkan keamanan pangan produksi IRTP (Industri Rumah Tangga Pangan). Pelatihan DFI Junior Dinkes Kota Yogyakarta Angkatan II dengan 30 JPL dilaksanakan pada tanggal 4-7 Oktober 2021. Diharapkan 20 peserta yang mengikuti pelatihan ini mampu menjadi pengawas dalam produksi pangan hasil IRTP. Sedangkan Pelatihan PKP Pertama Dinkes Kota Bima dilaksanakan tanggal 4-8 Oktober 2021 dengan 48 JPL, dan diharapkan 10 peserta pelatihan ini mampu memberikan penyuluhan keamanan pangan. (op)

Pelatihan Tim Gerak Cepat (4-9 Oktober 2021) Pelatihan DFI (4-7 Oktober 2021) Pelatihan PKP (4-8 Oktober 2021)