Innovation Corner, Tempat Nongkrong Untuk Menuangkan Kreasi di Bapelkes

Admin
23 November 2021

Dalam upaya mewujudkan manajemen aparatur sesuai Undang Undang Nomer 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP No. 11 Tahun 2020 tentang Manajemen PNS serta memberikan outcome bagi peningkatan kapasitas dan profesionalisme aparatur sipil negara, Balai Pelatihan Kesehatan senantiasa mendukung seluruh ASN dan Pegawai untuk dapat berinovasi.  Inovasi merupakan suatu keharusan karena saat ini segala aspek dalam pemerintahan dituntut untuk bersaing menunjukkan yang terbaik, karena yang terbaiklah yang akan dapat bertahan untuk tetap bersaing dalam panggung globalisasi.

Balai Pelatihan Kesehatan yang memiliki tugas merencanakan, menyelenggarakan, dan mengevaluasi pelatihan kesehatan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat untuk meningkatkan persentase mantan linatih yang meningkat kompetensinya. Organisasi harus menanamkan budaya kerja yang mendukung sebagai terciptanya kreativitas dan inovasi baru. Salah satu cara adalah dengan memberdayakan sumber daya manusia agar selalu bersikap kritis dan menindaklanjuti sifat kritisnya dengan tindakan yang nyata untuk secepatnya menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Kemudian sikap tersebut diberikan kesempatan untuk melakukan proses aktualisasi diri. Perkembangan teknologi saat ini melahirkan cara baru dalam menyelesaikan pekerjaan di berbagai sektor, Kondisi ini kemudian menuntut adanya sumber daya manusia (SDM) yang kreatif, inovatif serta berdaya saing. Para ASN dan Pegawai melakukan inovasi, mengemas dan memilih metode serta teknik untuk memberikan Pelayanan yang efektif dan efisien.

Untuk memberikan ruang yang memadai tapi santai dalam berkreasi menyiapkan ide dan pikiran yang inovatif, Bapelkes Yogyakarta menyulap ruang terbuka yang tadinya kurang bagus dari sisi kebersihan dan kerapian, menjadi sebuah ruang yang enak dipandang mata dan cukup representative untuk berkumpul, berdiskusi dan berkreasi maka Bapelkes Jogja menyiapkan tempat yang disebut Innovation Corner sebagai tempat ngumpul dan diskusi yang nyaman dilengkapi pojok tanaman obat keluarga, selokan dengan ikan warna warni dan anggrek yang sedang berbunga.