Pelatihan



Pelatihan Distric Food Inspector (DFI) Junior Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul

Era globalisasi menuntut memperkuat sistem pengawasan pangan sekaligus melaksanakan strategi pengawasan pangan berbasis risiko dan bersifat pencegahan (preventive approach). Kondisi keamanan pangan tergantung pada sistem pengawasan yang komprehensif, tidak hanya berdasarkan pengawasan terhadap industri pangan yang memproduksi pangan, tetapi juga pengawasan terhadap seluruh rantai pangan.

Sistem pengawasan keamanan pangan yang efektif juga dapat dijadikan alat untuk melindungi kesehatan masyarakat melalui penurunan risiko akan terjadinya keracunan pangan atau penyakit akibat pangan (foodborne diseases);, melindungi masyarakat dari pangan yang tidak aman, tidak layak konsumsi, berlabel menyesatkan dan hasil penipuan (food fraud), serta berkontribusi dalam pengembangan ekonomi melalui kepercayaan konsumen terhadap sistem pengawasan keamanan pangan dan penyediaan dasar hukum perdagangan pangan, baik secara nasional maupun internasional.

Pentingnya peran pengawas pangan kabupaten/kota atau District Food Inspector (DFI) yang berada di lingkungan pemerintahprovinsi/kabupaten/kota dalam melakukan pengawasanterhadap pangan produk industri rumah tangga pangan (IRTP) untukmelindungi kesehatan konsumen serta melindungi konsumen dari Panganyang tidak memenuhi persyaratan Keamanan Pangan dan pangan yangdipalsukan (food fraud). Pengawasan pangan dimaksudkan agarperdagangan pangan dilakukan para pihak terkait secara adil danbertanggungjawab.

Pelaksanaan pengawas pangan atau District Food Inspector (DFI) industri rumah tangga pangan juga menjadi tanggung jawab tenaga kesehatan di wilayah kerjanya. Untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan dalam pengawasan pangan industri rumah tangga pangan perlu dilakukan pelatihan yang salah satu kebutuhan penyelenggaraan pelatihan adalah pedoman penyelenggara pelatihan district food inspector (DFI) junior industri rumah tangga pangan bagi tenaga kesehatan di wilayah kerjanya.



Daftar (Khusus Undangan)